Fase Pada Trisemester Pertama Kehamilan

Posted November 20, 2014 By timo

Kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan bagi sebuah keluarga. Dalam waktu 9 bulan para wanita mengandung bayi dan selama itu para orangtua menantikan kelahiran bayi mereka. Biasanya masa kandungan 9 bulan ini dibagi menjadi tiga semester dengan sebutan trisemester. Kali ini akan dibahas tentang trisemester pertama kehamilan. Trisemester pertama meliputi bulan pertama hingga bulan ketiga kehamilan. Pada masa ini, banyak hal yang harus diperhatikan oleh para wanita, karena masa ini merupakan awal dari segala perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Dalam usia kandungan ini masih sangat rentan terjadi keguguran dan hal-hal lain yang dapat mengganggu kehamilan. Dalam usia kandungan ini, para wanita juga baru beradaptasi dengan perubahan pada diri mereka, seperti perubahan fisik, terlebih pada wanita yang baru pernah mengalami kehamilan.

kehamilan trisemester pertama

 

Perkembangan awal janin

Dalam trisemester pertama kehamilan, terjadi perkembangan awal janin. Pada bulan pertama sebenarnya belum bisa dikatakan kehamilan, namun dalam bulan ini terjadi proses pembuahan beserta proses menuju kehamilan, dan terus berlanjut pada perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju rahim, proses pembelahan sel-sel ovum. Pada bulan selanjutnya sel telur yang telah dibuahi dan menempati rahim ini terus berkembang menjadi embrio. Pada bulan 3 kehamilan pertumbuhan semakin sempurna, dimana jantung mencapai bentuk yang sempurna. Organ-organ lain pun mulai terbentuk.

Calon ibu masih beradaptasi dengan perubahan yang ada dalam dirinya dan bayi baru mulai berkembang, maka dalam fase ini sangat perlu untuk mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan saat seorang wanita berada dalam trisemester pertama kehamilan. Untuk mengetahuinya bisa dengan cara mencari informasi tentang bagaimana untuk membuat kandungan sehat, anda bisa mencarinya melalui buku maupun internet. Anda juga bisa bergabung dengan ibu hamil lain agar bisa melakukan aktivitas bersama. Hal umum yang harus dilakukan yang pertama, anda harus mulai membiasakan diri memakai baju longgar, mengatur pola makan, memperhatikan asupan nutrisi yang ada pada makanan yang anda makan, meminum susu ibu hamil juga penting. Menjaga kesehatan dan pola istirahat juga perlu diperhatikan.

Be the first to comment
   

Perkembangan Janin di Masa Kehamilan 3 Bulan

Posted November 10, 2014 By timo

Kehamilan 3 bulan merupakan kehamilan yang sudah cukup besar. Pada masa kehamilan 3 bulan ini jenis kelamin janin sudah bisa diketahui. Untuk janin laki-laki, bisa diketahui pada minggu ke 9, sementara janin perempuan baru bisa diketahui pada minggu ke sepuluh. Selain itu, yang paling penting adalah janin sudah mulai tumbuh dan mulai berbentuk. Orga tubuhnya pada masa ini juga sudah mulai jelas terlihat. Bayi anda di masa ini sudah bisa dikatakan manusia karena memang bentuknya sudah mulai menyerupai manusia. Pada masa ini pula janin sudah mulai aktif bergerak di dalam rahim ibu. Tentunya kebahagiaan sebuah keluarga pada masa ini semakin terasa karena kehamilan semakin terasa.

kehamilan 8-40 mingguSelain itu, pada seorang calon ibu juga sudah mengalami perubahan. Terutama pada berat badan ibu, karena akan meningkat drastis, penambahan berat badan ini karena mengikuti pertumbuhan janin. Pada, masa kehamilan 3 bulan ini, hormon ibu sudah mulai stabil sehingga moodnya juga sudah mulai stabil. Ibu akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada periode ini. berat badan ibu akan meningkat secara drastis mengikuti pertumbuhan janin. Karena pada masa ini janin terbentuk sempurna dan kemudian tinggal mengembangkan beberapa dari organnya saja maka resiko keguguransudah mulai berkurang. Pada masa ini pula seorang ibu akan berkurang dalam merasa kelelahan.

Perkembangan di akhir masa 3 bulan ini yaitu pada masa minggu ke 11, janin sudah memiliki panjang sekitar 6,5 cm. Rambut dan kuku jari sudah mulai tumbuh, bayi sudah mulai menguap, kedua mata sudah terbentuk lengkap. Kemudian pada minggu ke 12 atau minggu terakhir di bulan ke-3 ini,  ukuran panjang bayi sudah menapai sekitar 8 cm. Semmua organ vital juga telah terbentuk. Pada akhir masa kehamilan 3 bulan ini, organ tubuh sudah terbentuk. Rasa mual dan lelah pun lebih berkurang lagi atau bahkan hilang. Tentunya pada masa ini keluarga anda akan semakin merasa bahagia, namun jangan lupa untuk memeriksakan kondisi kesehatan kandungan anda pada dokter.

Be the first to comment